Kenny G Semarakkan Prambanan Jazz International Music Festival 2015

Kamis, 15 Oktober 2015 - 21:37 WIB
Kenny G Semarakkan Prambanan Jazz International Music Festival 2015
Kenny G Semarakkan Prambanan Jazz International Music Festival 2015
A A A
YOGYAKARTA - Gelaran Prambanan Jazz International Music Festival 2015 pada Jumat (16/10/2015) malam di Kompleks Candi Prambanan bakal berlangsung istimewa. Event ini akan dihadiri seorang musisi kelas dunia yang sudah tak asing lagi, yaitu Kenny G.

Sebagai bintang tamu, saksofonis asal Seattle, Amerika Serikat (AS), ini berjanji tampil istimewa. Dalam penampilannya selama 2 jam dalam acara tersebut, Kenny akan membawakan belasan lagunya.

"Tidak yakin ada berapa lagu nanti (yang akan dimainkan) dalam dua jam. Inginnya lagu apa?" tanya Kenny saat hadir di acara konferensi pers Prambanan Jazz International Music Festival 2015 di Hotel Tentrem Yogyakarta, Kamis (15/10).

Kendati tidak menyebutkan jumlah pasti berapa lagu yang akan dia mainkan nantinya, tapi, Kenny bakal tetap menyuguhkan sejumlah lagu andalannya dalam penampilan tersebut. Dan yang pasti pria pemilik nama lengkap Kenneth Gorelick itu bakal memainkan tiga jenis instrumen saksofon dalam performanya nanti, yaitu soprano, alto, maupun tenor.

"Tidak tahu mengapa, (lebih) suka saja dengan soprano (saxophone). Itu sejak saya mulai memainkannya di usia 17 tahun (ketika debut profesional). Dan menjadi hal yang saya suka dari lainnya. Tapi besok (hari ini) tidak hanya tampilkan itu," urai penyuka matematika itu.

Pria kelahiran 5 Juni 1956 itu juga mengaku senang bisa kembali ke Indonesia. Kenny terakhir kali tampil di Jakarta dalam sebuah konser sekitar 3—4 tahun lalu. Dia pun tak sabar segera mengunjungi Candi Prambanan, yang akan menjadi lokasi penampilannya.

Sebelum tampil di Candi Prambanan, Kenny terlebih dahulu tampil di Singapura. Usai gelaran konser di Yogyakarta itu, penyuka golf ini akan melanjutkan turnya ke Malaysia, India hingga New York.

"Pernah dengar (tentang Candi Prambanan), saya tahu itu. Tapi belum pernah ke sana dan baru pertama kali. Sungguh indah (candi itu)," kata ayah dua putra ini.

Selain Kenny, sejumlah musisi Tanah Air seperti Tompi, Isyana Sarasvati, dan Trisum pun bakal menyemarakkan perhelatan musik ini. Bahkan dalam kesempatan tersebut Tompi akan melakukan kolaborasi dengan Isyana.

"Satu jam perform bareng Isyana, ada 8—10 lagu (yang akan dinyanyikan). Buat saya pribadi ini adalah sebuah kehormatan. Dan Yogyakarta antusiasmenya terhadap musik luar biasa," ujar Tompi.

Sementara itu Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia selaku promotor dan penggagas konser mengatakan bahwa dari sekitar 3.500 tiket konser yang tersedia, saat ini hanya tinggal 150 tiket yang tersisa. Tiket itu terutama untuk kelas Diamond Rp2 jutaan dan kelas Platinum Rp1 jutaan. Tiket bisa dibeli secara online di Loketics.com serta offline di Resto Sate Afrika yang beralamatkan di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, Sleman.

"Acara ini sebenarnya mimpi kami berdua, saya dengan teman kuliah saya, Bakkar Wibowo, yang ingin membuat festival kebudayaan dengan musik jazz di suatu tempat khas dan natural punya Indonesia, dengan brand internasional seperti Candi Prambanan. Mimpi itu akhirnya terwujud dan disambut baik oleh PT Taman Wisata Candi (TMC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko," imbuh Anas.

Menurut Anas, Kenny dihadirkan dalam acara itu karena kepiawaiannya dalam menghasilkan mahakarya musik berkelas dunia. Dan hal tersebut menurut dia cocok dipadukan dengan Candi Prambanan yang juga merupakan sebuah mahakarya asli Indonesia yang telah diakui masyarakat dunia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5239 seconds (0.1#10.140)